Saturday, October 13

6 Cara Pertahankan Pernikahan Saat Pasangan Menganggur


Jakarta - Tidak sedikit suami istri yang terancam perceraian akibat pertengkaran dalam rumah tangga yang disebabkan karena pasangannya kehilangan pekerjaan. Kondisi keuangan yang tidak stabil seperti sebelumnya adalah penyebab paling umum di balik pertengkaran tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk mempertahankan pernikahan jika pasangan Anda kehilangan pekerjaan? Berikut adalah enam cara yang mungkin dapat menolong Anda seperti dilansir dari situs For Your Marriage.

1. Belajar Menerima
Janganlah langsung menuntut suami Anda untuk segera mencari pekerjaan baru yang sebaik atau bahkan lebih baik dari pekerjaan lamanya. Terimalah dengan penuh pengertian dan kesabaran perubahan yang terjadi pada kehidupan rumah tangga Anda saat ini.

2. Tidak Mencabut Hak Pasangan
Dikarenakan Anda memiliki pekerjaan sedangkan suami tidak, janganlah Anda mencabut hak suami sebagai pengambil keputusan seperti sebelumnya. Dengan menghapuskan posisi suami sebagai pengambil keputusan dalam keluarga, hal itu hanya membuat suami Anda merasa sangat bersalah karena kehilangan pekerjaan.

3. Saling Pengertian
Anda dan suami harus saling mengerti bahwa hilangnya pekerjaan menimbulkan rasa sedih yang besar dalam kehidupan rumah tangga. Untuk itu, tetaplah saling mendukung satu sama lain dalam melewati cobaan rumah tangga yang satu ini.

4. Temukan Pokok Permasalahan
Perdebatan besar yang melanda kehidupan rumah tangga tidak jarang membuat apa yang diperdebatkan adalah hal-hal di luar pokok permasalahan yang ada. Maka itu, temukanlah pokok permasalahan yang ada dalam rumah tangga Anda dan suami lalu carilah cara untuk menyelesaikannya secara damai.

5. Mencari Bantuan
Jika Anda dan suami merasa tidak dapat melewati cobaan ini sendirian, mintalah bantuan dari keluarga atau teman terdekat untuk mendengarkan cerita Anda dan membantu mencarikan solusinya. Selain itu, mengkonsultasikan hal tersebut kepada tenaga profesional seperti psikolog juga merupakan pilihan yang tepat.

6. Ambil Sisi Positifnya
Daripada terus melihat sisi negatif dari suami yang kehilangan pekerjaan, lebih baik Anda mulai melihatnya dari sudut pandang yang positif. Dengan hilangnya pekerjaan suami, suami Anda yang dulunya sangat sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama buah hati, sekarang dapat lebih dekat dengan buah hati karena memiliki banyak waktu di rumah untuk mengurus mereka.

sumber : abdulaliimmansor@gmail.com

0 ulasan:

Post a Comment

Tinggalkan Komen Anda Di Sini Cerita Kedai Kopi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Copyright © Cerita Kedai Kopi