Monday, October 15

Bersih-bersih Rumah megurangkan Risiko cancer


Memiliki gaya hidup aktif termasuk dalam kiat menghindari kanker. Selain olahraga, rutin melakukan pekerjaan rumah punya manfaat menurunkan risiko kanker sampai 13 persen.

Para peneliti menemukan, wanita yang menghabiskan enam jam setiap hari melakukan urusan bersih-bersih rumah, termasuk berkebun, risikonya terkena kanker payudara lebih rendah dibanding dengan wanita yang lebih banyak duduk.

Penelitian yang dilakukan terhadap 8.000 penderita kanker payudara tersebut didanai oleh lembaga Cancer Research itu juga menyebutkan, aktivitas bersih-bersih rumah yang lebih singkat, sekitar 2,5 jam juga akan menurunkan kanker sampai 8 persen.

"Hasil studi ini menegaskan manfaat dari hidup aktif, bahkan dalam porsi sedang. Penelitian lain juga menunjukkan aktif berolahraga menurunkan risiko kanker usu besar," kata Profesor Tim Key, ahli epidemiologi dari Cancer Research.

Aktivitas fisik dalam skala sedang yang direkomendasikan adalah 150 menit setiap minggu, misalnya melakukan olahraga jalan cepat atau mengajak anjing berjalan-jalan. Tetapi hanya sekitar 29 persen orang yang menjalankan rekomendasi tersebut.

Cara lain untuk mencegah kanker adalah menjaga berat badan tetap normal, mengurangi konsumsi alkohol, menjauhi rokok, serta lebih banyak mengonsumsi makanan nabati.

"Perubahan kecil dalam keseharian kita bisa membuat perbedaan besar. Misalnya saja memilih naik tangga daripada lift, atau mengurangi asupan daging," kata Sara Hiom, direktur informasi Cancer Research.

sumber kompas dot com

0 ulasan:

Post a Comment

Tinggalkan Komen Anda Di Sini Cerita Kedai Kopi

SocialPromoter
Exabytes SiteLock
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Copyright © Cerita Kedai Kopi